Pillow Talk, Caraku Makin Bonding dengan Anak

 

Pillow Talk, Caraku Makin Bonding dengan Anak

Menurut saya salah satu momen penting yang sayang banget untuk di skip para orangtua adalah melakukan pillow talk, nah pillow talk ini gak hanya bisa kita lakukan ke pasangan aja lho, tapi ke anak juga banyak banget ternyata manfaatnya. Kenapa karena momen menjelang tidur adalah momen dimana kondisi fisik sedang relax, aman, dan santai. Sehingga anak jadi lebih terbuka.

Nah sebenernya pillow talk itu apaan sih, sebelum kita bahas lebih lanjut ya, kita mesti paham dulu apa itu pillow talk,  jadi pillow talk adalah ngobrol ngalor ngidul yang bermanfaat sebelum anak tidur. 

Tapi kalau saya baca di Mbah google kebanyakan menyimpulkan pillow talk itu komunikasi menjelang istirahat malam bersama pasangan. Tapi ah masa cuma sama pasangan aja sih? 

Oke lanjut ya, supaya bisa makin bonding sama anak pasti butuh waktu yang tidak singkat ya, bonding itu proses panjang yang mesti dipelihara, di pupuk, dan dikembangkan. Jadi momen pillow talk ini merupakan momen yang tepat untuk menjalin kedekatan secara fisik maupun emosional kepada anak. Terlebih lagi kalau kedua orangtua yang sama-sama bekerja, momen pillow talk udh masuk kategori wajib banget sih untuk dilakukan. 

Dari pada menjelang tidur kita biarin anak bengong gak jelas, mending luangin waktu sebentar untuk hal yang bisa membawa manfaat besar terhadap anak. Ya momen pillow talk menurut saya penting banget sih, karena di momen ini anak lagi bisa diajak ngobrol. Beda kalau di jam lain anak pasti sibuk main, atau sibuk sekolah atau sibuk dengan aktivitas lain. Jadi mungkin agak susah kan kalau mau dinasehatin, atau mau ngajarin sesuatu ke anak. Pastinya gak akan masuk deh, karena ya anak lagi asik dengan hal lain, asik main misalnya, jadi gak akan fokus untuk dengerin ocehan kita gitu ya. 

Nah di tulisan kali ini saya pengen sharing tentang apa aja sih yang saya lakukan ke anak ketika momen pillow talk? Simak terus sampai selesai ya.

Baca Juga: Ma Jangan Marah-Marah, Nanti Temannya Setan

Mencari Informasi Tentang Aktivitas Anak Seharian

Saat ini pillow talk merupakan aktivitas yang sudah biasa saya lakukan bersama anak, sebelumnya saat awal-awal menerapkan pillow talk anak saya hanya menjawab pertanyaan saya dengan singkat dan padat. Dalam hati saya berkata 

"mungkin anak saya masih belum terbiasa". 

Dan seiring berjalannya waktu, bahkan sampai detik ini ketika saya melakukan pillow talk bersama anak, ada banyak hal yang anak saya ceritakan. Bahkan tanpa saya bertanya anak saya sudah terbuka dengan sendirinya. 

Melalui pillow talk bersama anak, saya bisa mendapatkan banyak informasi tentang isi hati anak, ya banyak lah ya informasi apapun yang ingin saya ketahui. Misalnya apa yang anak saya alami hari ini, apa yang membuatnya senang atau sedih hari ini,  dan berbagai informasi lainnya. Saya sangat senang karena saya merasa anak saya sangat terbuka, dia menceritakan apapun yang saya tanyakan. Meski pada akhirnya pembahasannya berujung ke mainan, tapi saya berusaha antusias mendengarkan.

 
Terkadang rasanya saya ingin senyum sendiri mendengar cerita anak saya, apa yang diceritakan memang apa adanya. Ketika saya bertanya:

"Abang mau cerita apa, kalau ada yang mau diceritain mama mau dengerin donk?" 

Langsung deh anak saya cerita apapun yang dia lihat dan dia alami di hari itu, secara tidak langsung saya juga merasa semangat untuk selalu mengajak pillow talk, karena rasanya gak sabar juga dengerin ceritanya.

Menanyakan Rencana Besok

Momen pillow talk bersama anak memang saya manfaatkan betul, selain mencari informasi, saya juga menanyakan ke anak kegiatan apa yang ingin dilakukannya besok?.
Dengan pertanyaan ini saya ingin mengajak anak saya mulai belajar merencanakan kegiatannya di hari esok, selain itu pertanyaan saya ini secara tidak langsung melatih anak untuk berpikir dan belajar mengemukakan pendapat. 

Rasanya penting juga melatih anak belajar merencanakan sesuatu, supaya aktivitas yang dilakukannya tidak mengalir begitu saja tanpa perencanaan apapun. Tentu saya juga memberikan saran kegiatan seru yang bisa kita lakukan bersama dihari esok.

Saling Meminta Maaf

Nah ini nih yang gak boleh kelewat saat momen pillow talk bareng anak, yaitu minta maaf. Siapa yang minta maaf? ya kita berdua, baik saya sebagai orangtua dan anak saya. Tapi biasanya saya dulu yang minta maaf ke anak, ya sebagai seorang ibu pastinya ada saja kesalahan yang saya lakukan kepada anak. Saya juga sadar terkadang lisan saya dengan mudahnya memarahi atau mengeluarkan kata-kata yang bisa menyakiti hati anak.

Nah momen pillow talk ini saya manfaatkan untuk menghapus luka yang saya torehkan di hati anak saya.
Gak jarang anak saya kadang mewek kalau saya bilang

 "nak mama minta maaf ya kalau mama tadi marah sama Abang, maafin mama ya nak, mama sayang Abang"

Dengan mata yang rada berkaca-kaca anak saya bilang "iya ma". Sebagai seorang ibu pasti sangat menyesal karena sudah memarahi anak, tapi begitulah keadaan yang terkadang memaksa untuk marah, dan ya saya memang harus melatih kesabaran lagi supaya gak gampang marah sama anak. 

 Menasehati Anak

Setelah maaf-maafan lanjut saya nasehatin anak, jika ada sikap yang keliru saat dia menceritakan aktivitasnya maka saya nasehati dengan baik, saya juga selalu mengingatkan ke anak saya untuk bersikap yang baik kepada siapapun. Maklum lah ya anak-anak memang harus terus dinasehati dan diingatkan, ya supaya mereka selalu ingat. 

Jangan bosen-bosen deh kayaknya untuk nasehatin anak, gimanapun mereka masih butuh di bimbing, perlu diarahin dan selalu diingetin. Mereka juga lama-lama akan ngerti kok, tinggal kita sebagai orangtua yang perlu sabar dan konsisten mengingatkan mereka.

Baca Juga: Tips Menerapkan Ilmu Parenting di Rumah Mertua

Mengajak Anak Berdoa

Nah terakhir kalau anak saya udah mulai ngantuk saya ajak baca doa tidur dulu, tapi kalau masih belum ada tanda-tanda ngantuk biasanya saya manfaatin momen buat ngajarin anak saya doa-doa harian atau surat-surat pendek. Tapi kadang anak saya minta dibacain cerita, jadi ya saya bacakan cerita sampai dia tertidur.

Nah itu sih beberapa hal yang sering saya lakukan ketika pillow talk, semoga tulisan saya bermanfaat ya. 

Rizky Annisa
Rizky Annisa Assalaamualaikum Hello every one, welcome to my personal blog. Sebelumnya kenalan dulu yuk, nama saya Rizky Annisa, orang-orang biasanya memanggil saya "Anis". Saya merupakan seorang istri sekaligus ibu dari dua jagoan kecil bernama Akbar dan Zehan. Blog ini merupakan media saya untuk sharing banyak hal, tentang dunia parenting, tentang pernikahan, sekedar curhatan dan lain sebagainya. Bagi saya, menulis merupakan aktivitas yang menyenangkan. Sebelum menulis di blog ini, saya terlebih dahulu merupakan Community Writer di salah satu media online yaitu IDN Times. Sampai saat ini saya masih menerbitkan karya saya di IDN Times. Namun pastinya sudah tidak seintens dulu, karena saat ini saya juga mengalola blog pribadi. Harapan saya semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya ya. Wassalamualaikum

Posting Komentar untuk "Pillow Talk, Caraku Makin Bonding dengan Anak"